Adnan Buyung Nasution: Indonesia Bisa Bersih dari Korupsi

Korupsi di Indonesia semakin menjadi masalah negara yang tak terampuni. Tak ayal, sebab semakin banyak pula pelaku korupsi yang teridentifikasi dan bahkan terbukti bersalah. KPK sebagai sebuah institusi yang secara khusus menangani pemberantasan korupsi pun telah didirikan. Tapi banyak orang yang meragukan kerja institusi ini. Kenapa? Karena sudah sejak lama KPK berdiri, tapi korupsi tak juga henti. KPK seperti tak punya pemberi dampak dan efek jera. Masyarakat umum pesimis dan menganggap korupsi memang kasus yang tak akan pernah berakhir. Akan tetapi, Adnan Buyung Nasution, dalam sebuah diskusi di program Metro TV, mengatakan bahwa Indonesia masih memiliki harapan untuk bebas dari korupsi, senagn atau tanpa kepemimpinan SBY.

Saya setuju dengan pernyataan Adnan Buyung Nasution tersebut. Sebab, jika kita sudah pasrah bahwa korupsi tak akan pernah dapat dihentikan, maka sikap kita pun akan tidak memiliki upaya untuk memberhentikan korupsi. Semua akan saling pasrah dan tidak peduli pada korusi. Dan hal tersebut akan menjadi ladang empuk para korutor untuk menyemai bibit-bibit kejahatan korupsi.

Sebaliknya, dengan keoptimisan, kita akan mampu membentuk sikap dan karakter dalam diri bahwa korupsi memang harus diberantas. Usaha-usaha pun akan dilakukan dengan semakin gencar, baik dengan penangkapan para koruptor, penanaman ideologi tentang hinanya tindak korupsi, dan pencegahan lain. Usaha tersebut yang merupakan dampak keoptimisan akan berbuah baik pada pencapaian bersihnya Indonesia dari korupsi.

Indonesia bukan pewaris sikap pengecut, tapi pejuang tangguh, sebagaimana para pahlawan mengalahkan penjajah. Berarti, kita semua tak boleh menyerah pada lawan, termasuk si korupsi.

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on December 13, 2011, in Creative, News. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Seperti halnya yang dilakukan oleh para pejuang Indonesia, siswa siswi KBTKIT AL USWAH pun juga bersemangat saat mereka memperingati hari pahlawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: