LKMM SEMA SSE 2011

This slideshow requires JavaScript.

Jakrta-(18/12/2011)-Minggu pagi yang cerah para pengurus SEMA periode 2012 dan 2011 (demisioner) telah berkumpul di halaman kampus SSE. Di sana lah meeting point pertama mereka dalam kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) SEMA SSE 2011. Di meeting poin pertama ini mereka mempersiapkan segala perbekalan dan briefing.

Seluruh peserta LKMM (Pengurus SEMA 2012) dibagi menjadi lima kelompok yang terdiri dari tim inti, psdm, yse, pendidikan, dan mpr yang tidak lain adalah BPH dan departemen-departemen dalam kepengurusan SEMA. Mereka kemudian diberi uang secukupnya untuk pergi ke suatu tempat. Tempat-tempat yang merupakan meeting point kedua bagi masing-masing tim terdiri dari Taman Menteng, Gelora Bung Karno, Monumen Nasional, Kebun Binatang Ragunan, dan Kota Tua. Nama tempat tersebut harus mereka temukan sendiri dengan menjawab teka-teki yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian, mereka diberangkatkan dan diikuti oleh satu orang panitia pendamping. Fungsi pendamping di sini adalah sebagai pengawas yang tidak dianggap karena hanya boleh mengikuti tim dan tidak diperkenankan memberikan petunjuk apa pun.

Di meeting point kedua, mereka diberi tugas untuk mencari isu-isu terkini atau  masalah yang ada di tempat  mereka berada. Mereka harus mendapatkan info-info dari pengunjung sebanyak mungkin dalam waktu yang telah ditetapkan. Tugas-tugas lain dalam meeting poin kedua ini juga diberikan oleh panitia yang bertugas secara kreatif dan kondisional. Konsekuensi untuk tim yang tidak berhasil menyelesaikan tugasnya adalah tidak bisa mendapatkan bahan makan yang ada di tempat tersebut. Inti dari tugas di meeting poin ini adalah berjuang mendapatkan bahan makanan seperti beras untuk tim inti, sayur untuk tim psdm, dll.

Setelah selesai di meeting poin kedua, mereka melanjutkan perjalanan ke meeting poin 3, yaitu Bumi Perkemahan Cibubur. Tentunya, nama tempat tersebut juga harus mereka dapatkan melalui pemecahan teka-teki. Dan dengan uang yang terbatas  mereka masih harus mencari tahu sendiri kendaraan umum apa yang bisa mereka gunakan dari meeting poin mereka masing-masing menuju meeting poin ketiga.

Sesampainya di meeting poin ketiga, mereka membersihkan diri, sholat, dan istirahat di tenda masing-masing. Mereka pun memasak makanan sendiri setiap kali akan makan.

Kegiatan yang ada di bumi perkemahan ini sangat beragam, mulai dari games, tausyiah setelah sholat maghrib, api unggun, refleksi, sampai jurit malam. Beragam suasana seperti gembira, panas, sedih, menegangkan (karena panitia yang marah-marah), dan menakutkan digambarkan dalam kegiatan ini. Bumi Perkemahan Cibubur yang dikenal angker menciptakan cerita-cerita unik dan menarik bagi mereka. Namun yang jelas, acara ini berjalan dengan lancar.

Tanggal 19 Desember pagi, mereka melakukan olah raga. Peserta dan panitia juga sempat dengan asyik bertanding dalam sebuah permainan “Bentengan” di sekitar lokasi kemah. Dengan semangat mereka bertanding. Panitia yang memang umurnya mayoritas lebih tua daripada peserta sempat membodohi tim peserta. Namun, akhirnya justru tim pesertalah yang memenangkan pertandingan ini. Seru, semua tertawa lepas kali ini.

Setelah membersihkan diri dan lokasi perkemahan, mereka makan bersama di bawah sebuah pohon yang rindang. Setelah itu penutupan acara dilakukan. Salah satu agendanya adalah pemilihan peserta terbaik. Dan penghargaan tersebut diterima oleh kepala departemen Media and Public Relation (MPR), Aprilia Fitriyanti, dengan hadiah berupa voucher belanja Gramedia.

Setelah foto bersama, acara usai. Peserta sempat bercanda meminta teka-teki lagi untuk jalan pulang. Semua pun tertawa dan meninggalkan Bumi Perkemahan Cibubur yang penuh kenangan dengan hati yang lega.

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on January 9, 2012, in Creative, Experience, My World, News and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: