Pesta Demokrasi SEMA SSE

This slideshow requires JavaScript.

Senat Mahasiswa (SEMA) SSE menggelar pesta demokrasi pada November-Desember 2010 lalu. Serangkaian program ini diawali dengan seleksi pengurus SEMA periode 2012 dan dilanjutkan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden SEMA SSE periode 2012. Anas-Susi dan Deshinta-Trisna maju sebagai calon pasangan pres dan wapres.

Seleksi kepengurusan SEMA diawali dengan penilaian berkas para pendaftar yang berupa formulir pendaftaran, esai, dan CV. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara panel, focus group discussion (FGD), dan simulasi raker (rapat kerja) yang didalamnya seluruh peserta diharuskan membuat rancangan program kerja dan mempresentasikannya.

Menurut para peserta, setiap tahap seleksi memiliki tantangan masing-masing. Namun, simulasi raker adalah yang paling menantang. Sebab, mereka harus membagi diri masuk ke dalam satu pemerintahan, memilih satu diantara dua pasangan pres dan wapres untuk kemudian membuat program kerja. Dalam tahapan ini, kreatifitas dan kerja keras mereka juga dituntut untuk menghasilkan produk berupa program yang jitu untuk sema dan sse ke depannya.

Demikianlah titik akhir tahapan yang harus dilalui para pendaftar pengurus SEMA. Namun, bagi pasangan capres dan cawapres, mereka masih harus melalui tahapan debat terbuka dan orasi. Dalam debat terbuka yang dihadiri oleh mahasiswa SSE, mereka tampak beradu pendapat dengan sangat damai. Akan tetapi, dalam tahap orasi yang diadakan di students lounge SSE, perdebatan mereka justru semakin panas. Argumen-argumen dari kedua pasangan terus bertemu titik beda sehingga suasana pun menegang. Namun, jangan khawatir, perdebatan masih dalam alur yang sehat sehingga tidak ada permusuhan sengit setelahnya.

Rangkaian pesta demokrasi ini kemudian disertai dengan pelaksanaan Kongres Mahasiswa (Kosma) yang pertama di kampus SSE. Kegiatan tersebut diawali dengan pra kongres pada tanggal 29 November 2011 dan dilanjutkan hingga tanggal 5 Desember 2011. Sidang demi sidang dilalui. Peserta kosma yang berasal dari perwakilan BPM, klub kegiatan, serta kelas tampak antusias mengikiti seluruh acara. Kosma yang merupakan hal baru bagi sebagian besar dari mereka ini menjadi sesuatu yang sangat menarik sehingga mereka bersemangat melibatkan diri dengan serius. Meskipun baru pertama, namun suasana persidangan mahasiswa sudah tampak kental layaknya persidangan di universitas besar yang telah berulang kali mengadakan kegiatan serupa.

Rangkaian pesta demokrasi ditutup pada tanggal 5 Desember 2012 dengan pemilihan umum presiden dan wakil presiden oleh seluruh mahasiswa SSE. Hari itu begitu mendebarkan bagi seluruh mahasiswa SSE, bukan hanya bagi capres dan cawapres. Mereka masing-masing tentu berharap yang terbaik yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden periode selanjutnya.

Sorak sorai bersahutan dari para tim sukses kedua pasangan ketika penghitungan suara dilakukan. Dan akhirnya didapatlah hasil pemilu yang menentukan siapa Presiden dan Wakil Presiden SEMA SSE periode 2012. Pasangan Anas-Susi maju sebagai pemenang, sekaligus penerima tongkat kepemimpinan SEMA SSE.

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on January 9, 2012, in Creative, Experience, My World, News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: