Peran Pemuda Islam

Kata “pemuda” akan membuat orang berpikir tentang energi yang berlebih, semangat yang membara, kekuatan yang tiada habisnya, daya kreasi yang tak pernah terhenti, dan generasi untuk kepemimpinan Negara di masa depan. Bahkan seorang ulama berpendapat bahwa tampilnya kebaikan umat bergantung pada kebaikan akhlak pemudanya. Hal ini membuktikan bahwa pemuda adalah sebuah subjek yang memegang parananan penting dalam keberlangsungan hidup masyarakat. Lalu, sebenarnya, mengapa pemuda memiliki peran yang amat penting bagi masyarakat? Bagaimanakah peran penting tersebut?

Ustadz Yususf Qardhawi pernah mengatakan “masa muda adalah masa pertengahan.” Mari kita bayangakan sebuah mentari yang bersinar pada setiap lembaran hari. Kapasitas energi panasnya akan bergradasi atau lebih tepatnya mambentuk kurva huruf n pada garis-garis koordinat. Huruf n tersebut memiliki titik tengah yang berarti titik tertinggi. Begitu pula matahari yang memiliki titik tengah, yang dikenal dengan titik kulminasi, yang merupakan sebuah titik tertinggi energi yang dicapai matahari pada setiap harinya. Saat itu, energi panas matahari terasa begitu kuat menyengat. Mari kaitkan dengan pemuda yang dianggap sebagai masa pertengahan. Hal ini berarti bahwa pemuda adalah masa ketika manusia memiliki energi tertinggi. Pemuda memiliki semangat pergerakan yang membara dalam jiwa. Hal inilah yang sebenarnya menjadi salah satu alasan mengapa pemuda memiliki peran yang penting dalam masyarakat. Karena semangat pergerakan mereka yang jika dilaksanakan dalam rute yang positif akan menciptakan perubahan-perubahan dan pengaruh dalam masyarakat sehingga tercipta pula tatanan yang baik.

Peran pemuda itu sendiri dapat sebagai subjek penggerak perubahan, pencipta ide kreatif, sekaligus objek yang akan menjadi contoh nyata dalam perubahan tersebut. Maksud dari penggerak perubahan adalah bahwa pemuda menjadi penyemangat, pengaruh, dan penyusun skenario dari perubahan yang harus dilakukan setelah mengkritisi isu negatif yang membahayakan masyarakat, misalnya. Pencipta ide kreatif maksudnya adalah pemuda sebagai penggagas ide yang akan dilakukan dalam perubahan agar efektif dan benar-benar memberi manfaat bagi masyarakat. Sedangkan objek yang akan menjadi contoh berarti pemuda juga harus melaksanakan apa yang ia ucapkan pada masyarakat atau orang lain tentang hal yang harus mereka lakukan. Dengan kata lain, mengajak orang lain membiasakan hal-hal baik melalui contoh nyata secara langsung.

Demikian harusnya para pemuda berperan dalam masyarakat. Namun, pamuda Islam, memiliki tugas yang extra dalam menjalani perannya. Tawadzun, imbang. Pemuda Islam harus seimbang dalam menjalani kehidupan dunia, sekaligus dalam hubungan dengan sang Kholiq, Allah Azza Wajalla. Kekuatan yang diperoleh dari hubungan dinamis ini adalah pengaruh luar biasa yang akan dengan luar biasa pula memengaruhi orang-orang di sekitarnya.

Dibuat untuk pesyaratan mengikuti DM 1 KAMMI ITB

Desember 2010

picture: http://kontak.ugm.ac.id/images/foto/C4649582025F06D2.jpg

Artikel ini terbit di Republika online edisi 9 April 2012, dengan judul ‘Inilah Peran Penting Pemuda’, di http://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/12/04/09/m273mn-inilah-peran-penting-pemuda

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on March 22, 2012, in My World. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: