Pemuda Kahfi (Sebuah Cerita Filosofi Nama Kos/Kontrakan)

Kos atau kontrakan anak mahasiswa biasanya akan lebih keren kalao punya nama yang unik. Apalagi, jika penghuninya adalah orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama, atau minimal kuliah di tempat yang sama. Dua tempat kos yang pernah aku tinggali di Jakarta ini (lebih sering aku sebut rumah), selalu ada namanya meskipun nggak eksis-eksis banget🙂.

Yang pertama, dulu lokasinya di Mampang, namanya Beautiful Campsite (BCS). Terinspirasi dari sering dan banyaknya teman-teman rumahan (aslinya tinggal di daerha jabodetabek dan nggak ngekos) pada nginep di sana. Mereka betah karena emang di rumah itu nyaman banget. Harganya pun murah (Ups, keluar bahasan), hehe. Yah.. namanya juga campsite, enaklah dikunjungin….😀.

Yang kedua, ada di Pancoran. Aku tinggal bareng dua teman lain yang juga sama-sama kuliah di kampus yang sama denganku. Sebenarnya yang ini kontrakan 3 petak gitu. Nah, namanya “Griya Kahf”. Terisnpirasi dari kisah para pemuda Kahfi yang beriman dan bertakwa. Harapannya, kami yang bertiga dan pemuda ini juga bisa sehebat pemuda kahfi dengan tetap beriman dan berprestasi meskipun banyak tantangan penguji iman yang kami hadapi. Selain itu, nama ini juga terispirasi dari sebuah doa yang ada di Q.S.18:10 “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” Doa ini kami panjatkan ketika kami gelar acara syukuran yang mengundang beberapa teman mahasiswa yang tinggal di dekat-dekat sana (cewe semua). Syukurannya nggak sekedar makan-makan dan cekakak-cekikik loh, tapi juga ada kajian yang disampaiakn oleh salah seorang teman yang memang mampu menyampaikan. Kajiannya pun mengenai pemuda kahfi. Nah, pokoknya saat itu rasanya tema kehidupan lagi tentang pemuda kahfi banget deh. Lalu, diresmikanlah nama rumah ini sebagai GKF (Griya Kahf). Sebenarnya cuma dua dari kami bertiga yang menyepakati nama ini, tamanku yang satu lagi pergi.

Image

Setahun kemudian, kami mulai evaluasi. Rasanya di rumah ini kami mudah sekali tertidur untuk waktu yang relatif lama (kurang wajar sebagai mahasiswa). Banyak hal kami curigai sebagai faktor. Dan, yang paling lucu adalah (hahhaa, ketawa duluan), begini, “oya, pantesan aja kita banyak tidur pas tinggal di griya kahf, kan emang pemuda kahfi itu tinggal di gua trus tidur ratusan tahun”😀

Ya, cerita yang paling menonjol dari cerita para pemuda kahfi adalah mereka yang tersekap dalam gua kemudian ditidurkan Allah dalam waktu yang lama, lalu bangun lagi dan merasa baru tidur dalam sehari. Cerita positif seperti keberanian mereka hengkang dari kawasan dengan pemimpin yang zalim demi menjaga keimanan atau prestatif lainnya jarang sekali ada. Hmm…

Tapi kami tak bermaksud mengganti nama rumah ini. Sebab, kami ini hanyalah generasi pemuda kahfi yang bisa saja memiliki cerita yang berbeda karena hidup di zaman yang berbeda. Keimanan para pemuda kahfi terdahulu yang hendak kami teladani, bukan lama tidurnya🙂.

Oya, satu lagi, berantakannya rumah ini juga kami curigai karena nama kahf (gua) itu memang berantakan dengan stalakmit dan stalaktit tak beraturan di mana-mana. Hehe.

Nah, makanya, punya nama kos atau kontrakan itu seru, tapi yang filosofisnya baik yah🙂.

Nb:

Bisa baca kisah pemuda kahfi di sini

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on May 31, 2012, in Kostpedia, My World. Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Syukron y Ukhti..
    Antum udah share blog saya
    Syukron..

  2. Al Kahf:
    Lama ketiduran; udah..
    Berantakan kayak stalakmit n stalaktit; udah jg..

    Griya Kahf nya kurang satu ‘faktor lagi’, en.
    Harus ada doggy security nya. :p

  3. Yeee….malah menurunkan rasa aman kalo ada doggy segala. Soalnya pada takut sama jenis makhluk yg satu itu. Eh, lagian juga 2 diantara kami yg dulu tinggal di Griya Kahf udah pindah🙂

    • berarti GK nya kurang kaffah. lol #just-kidding

      lhoh, udah ada 2 yang pindah? mereka keluar goa karena mau beli makanan di pasar ya? and ternyata uang mereka gak laku gitu karena udah duit mereka dari 3 abad yang lalu? :p

      btw, siapa sekarang yang gantiin? bisa dibilang sebagai GK 2nd Generation.

  4. hehe… dalem… dalem…

    bukan itu, tapi karena pada berantem mau ke pasar stekpi apa pasar minggu #morekidding😀

    Salah satu diantara kami bertiga masih tinggal di sana sendirian kok🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: