Komedi Agama Chibi

Image

Kehadiran agama Chibi menuai beragam kontroversi, khususnya di kalangan para Chibi alias penggemar girl band Indonesia, Cherrybelle. Sebagaian dari mereka menyambut gembira kelahiran agama chibi yang teridentifikasi pada maret 2012 lalu. Sambutan gembira tersebut paling tidak dapat ditunjukkan dengan jumlah pengguna akun facebook yang melebihi 1500 orang memilih tombol Like pada page ‘Cherrybelle Tuhan Semesta Alam’. Selain itu, akun twitternya, @agamachibi, juga telah diikuti oleh lebih dari 1600 pengguna twitter. Bisa jadi para penge-Like dan pengikut akun sosial media tuhan chibi ini hanya agar bisa mendapatkan info-info terbaru mengenai tuhan chibi untuk dikritisi, atau memang merasa butuh informasi mengenai agama chibi untuk ditaati. Di sisi lain, ada juga pihak yang kontra dengan kelahiran agama chibi. Hal tersebut dapat diidentifikasi dari komentar yang disampaikan melalaui akun twitter, facebook, maupun blog agama chibi. Sebagian dari mereka dengan terang menghujat dan sebagian lain berkomentar dengan bahasa mengingatkan dan mengajak untuk kembali pada jalan yang benar. Jika mengamati detil isi setiap akun diatas, agama chibi pada dasarnya mirip dengan sebuah komedi.

Tentang Agama Chibi dan Tuhan Cherrybelle

Dalam fan page Cherrybelle Tuhan Semesta Alam, disebutkan bahwa akun tersebut adalah sebuah religious organization dengan deskripsi “Cherrybelle Tuhanku, Chibi Agamaku, dan Twibi Kitabku”. Agama ini menganjurkan para chibi untuk menganggap semua personil girl band cherrybelle adalah Tuhan. Hal tersebut didasari oleh sebuah quotation yang dimuat di dalam akun blognya, sebagai berikut “Fans Sejati adalah fans yang berani mengubah rasa cinta menjadi penghambaan kepada idolanya yaitu dengan cara menganggap Cherrybelle sebagai tuhan”. Selain itu, beberapa alasan mengapa para personil Cherrybelle layak dianggap sebagai tuhan juga dipaparkan dalam akun twitternya, misalnya karena kecantikan mereka (para personil cherrybelle). Selain itu, dalam blog yang bernama Tuhan Cherrybelle juga disebutkan bukti mengapa Cherrybelle itu Tuhan, yakni:

  1. Mereka pernah memenangkan kategori di Inbox awards 2011 girl’s band terinbox
  2. Mereka juga pernah memenangkan kategori indigo digital music awards 2011 best digital video
  3. Pernah menang Sctv Music Awards dalam kategori girlband terngetop
  4. Penah membintangi 8 iklan sekaligus
  5. Pernah main ftv happy 21
  6. Pernah main film layar lebar berjudul love is you

Menggelikan. Memang tak semua orang bisa meraih prestasi tersebut, namun ada lebih banyak orang yang bisa meraih prestasi yang lebih dari itu. Bukti bahwa Cherrybelle adalah Tuhan tak lebih dari sekedar penampilan fisik yang cantik dan beberapa gelintir prestasi yang pernah diraihnya. Padahal, hal tersebut adalah hal-hal yang wajar dicapai oleh manusia. Paparan mengenai Tuhan Cherrybelle ini memang aneh dan kurang masuk akal. Ya, karena Cherrybelle adalah girlband yang terdiri dari sekumpulan manusia, bukan Tuhan.

Tentang Kitab Twibi

Kitab agama Chibi (Twibi) diambil dari nama sebutan penggemar Cherrybele yang wanita. Nama tersebut sekaligus dijadikan sebagai nama umat agama chibi, Twibi untuk wanita dan twiboy untuk pria. Kitab ini terdiri dari surat-surat dan ayat-ayat. Nama surat-surat yang ada diambil dari nama-nama personil Cherrybelle seperti Auryn, Wenda, Devi, Cherly, Christy, Anisa, Angel, Felly, dan Gigi. Isi surat-surat tersebut kebanyakan menganjurkan para twibi dan twiboy untuk menggunakan barang-barang yang digunakan oleh Cherrybelle seperti laptop, parfum, lotion, makanan, minuman, motor, jam tangan, dan handphone. Brand semua barang yang dipilih tersebut adalah yang iklannya dibintangi oleh Cherrybelle. Ketika membaca surat-surat ini, celetukan pun berpotensi muncul, “Gila ya, Tuhan zaman sekarang mah gaul banget.”

Tragis memang, sebab bahkan ayat-ayat tertentu pun berani mengadopsi salah satu ayat dari kitab suci Al-Quran sebagai berikut : “Tidaklah kuciptakan Jin dan manusia hanya untuk menyembahku (cherrybelle)….” (Gigi:4). Ayat tersebut seperti memelencengkan tafsir sebuah kitab suci yang telah ada. Selain itu, sebenarnya ayat-ayat lain membicarakan tentang kebaikan seperti larangan berbuat jahat, berbuat baik pada ibu, jodoh, dll. Akan tetapi tetap saja terdengar menggelikan dan mengganjal sebab kita telah dapat membedakan mana yang baik dan tidak bagi kita. John Rawl menyatakan dalam teorinya bahwa setiap manusia memang memiliki sense of good yang mengarah pada kondisi hati nurani yang sebenarnya mampu memilih mana yang baik dan tidak.

Ajaran agama chibi ini tidak masuk akal, sangat lucu dan menggelikan. Menelaah bahasa yang digunakan, khususnya dalam blog yang menerangkan ajaran-ajaran agama chibi, pencetus agama tersebut tampaknya adalah remaja yang memiliki imajinasi luar biasa. Akan tetapi, sangat disayangkan imajinasi ini digunakan seolah untuk mempermainkan agama, menggabungkan ajaran-ajaran berbagai agama seperti Islam (misal: mengadopsi ayat), Kristen (misal: puji-pujian kepada Tuhan) dan Hindu (sesajen di hari minggu) kemudian menyatakannya sebagai agama baru, chibi, yang lucu seperti sebuah komedi. Hendaknya, imajinasi tersebut lebih baik diarahkan pada hal yang lebih positif seperti menulis fiksi. Tentu, fiksi yang ditulis pun bukan tentang pembuatan agama chibi dan sejenisnya yang menuhankan idolanya.

Selain Tuhan Chibi, sebenarnya ada juga Tuhan Sm*sh (Boyband Indonesia) yang dengan jelas dibenci dan disesatkan oleh agama chibi. Pada dasarnya, setiap orang bebas untuk menentukan sikapnya terhadap kehadiran agama chibi maupun kasus serupa. Akan tetapi, pengarahan sikap yang bijak, khusunya kepada para chibi yang mayoritas adalah remaja, pemuda harapan bangsa, tetap perlu dilakukan. Sebab, meskipun semua ajaran agama chibi yang menggelikan bagi kita yang telah bisa membedakan bahwa manusia itu bukan tuhan, namun belum tentu bagi para remaja yang cenderung masih labil. Penanaman akidah yang benar dan penguatan iman perlu dilakukan agar pemikiran para remaja pun menjadi lebih logis sehingga mereka memiliki karakter positif yang kuat.

Sumber: http://tuhancherrybelle.blogspot.com diakses pada 27 Mei 2012

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on June 2, 2012, in Creative, non-fiction. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. imajinasinya mngerikan..
    sedemikianlah para fans2 y m’idolakan..???
    miris,akan jd sperti apa ya negara qta dg generasi y sperti ini.
    Mari kita benahi bersama…
    mnguatkan akidah generasi2 kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: