Balai Pustaka (BP) School of Writing

BP School of Writing adalah sebuah lembaga pendidikan nonformal di bidang menulis. Sebagai penerbitan yang lahir sejak tahun 1917, Balai Pustaka telah melahirkan penulis-penulis hebat seperti Marah Roesli, Merari Siregar, Sutan Takdir Alisjahbana, Sanusi Pane, H.B. Jassin, Achdiat K. Mihardja, dan lain-lain. Melihat kenyataan tersebut, Dr. Zaim Ucrowi, penulis buku Muhammad Sang Teladan yang saat ini memimpin Balai Pustaka, memiliki keinginan dan cita-cita yang tinggi melahirkan “Sejuta Penulis Indonesia” yang produktif, aktif, dan kreatif Indonesia.

Tulisan bisa menginspirasi perubahan. Dengan menulis maka pengaruh pemikiran, konsep, ide, dan perilaku bisa tersebar. Menulis ibarat mengubah dunia tanpa harus menjelajahi dunia, mengubah sistem dan tatanan tanpa harus masuk didalamnya. Melalui BP School of Writing, diharapkan akan lahir penulis-penulis yang mampu menjadi pelopor perubahan di Indonesia. Di bawah manajemen perintis, Munawar Aziz dan Nanik Susanti, lahirlah angkatan pertama program Workshop Menulis Aktif pada 2 Agustus 2010. Hingga saat ini, BP School of Writing telah melahirkan 24 angkatan.

Agar mimpi dan cita-cita melahirkan “Sejuta Penulis Indonesia” dapat segera terealisasi, saat ini BP School of Writing hadir di berbagai daerah di Indonesia, melalui kerja sama segitiga dengan Broadband Learning Centre Telkom dan Forum Lingkar Pena, sebuah organisasi yang memiliki anggota dan jaringan terbesar di dunia. Daerah pertama yang telah kami jangkau adalah Bangkalan, Madura. Segera akan menyusul Surabaya dan Kalimantan.

Dengan mengembangkan metode “menulis aktif”, para peserta akan dibimbing melalui tahap demi tahap sehingga lahirlah sebuah karya. Melalui tangan dingin trainer-trainer dari Balai Pustaka, Forum Lingkar Pena, Kompas, Republika, Educare, para alumni telah mampu menerbitkan berbagai judul buku. Bukan hanya itu keuntungan mengikuti program-program pelatihan di BP School of Writing. Peserta yang mengikuti program BP School of Writing akan menjadi member sebuah majalah elektronik BP Writer e-Magz. Melalui majalah digital tersebut, peserta akan mendapat tips-tips menulis, mempublikasikan karya, mendapat review dari para praktisi di dunia penulisan, bisa bertanya kepada editor-editor berpengalaman, dan saling berdiskusi serta bertukar informasi melalui sebuah forum yang disediakan bagi member majalah tersebut. Selain itu, karya-karya terpilih akan diterbitkan dalam bentuk buku atau e-book.

Source: http://www.bpschoolofwriting.com/

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on June 17, 2012, in BP School of Writing. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: