Beewhite: Sehari Bersama SMA Sandikta

Sebagai rangkaian dari kegiatan Masa Orientasi (MOS) siswa baru dan sekaligus menyambut kehadiran bulan Ramadhan,  SMA Sandikta Bekasi menggelar kegiatan ‘Anak Baik Indonesia’ bersama Beewhite Management. Kegiatan yang diselenggarakan pada Jumat (20/7) ini, selain untuk memfasilitasi para peserta (siswa baru) agar lebih saling mengenal antara siswa satu dengan yang lain, mengenal lingkungan sekolah, juga untuk mengeratkan kebersamaan dan persatuan mereka sebagai peserta didik tahun angkatan 2012/2013.

Simulasi kebersamaan serta persatuan tersebut disampaikan melalui berbagai ice breaking dan permainan (games) seperti panjang-panjangan, transfer bola melalui potongan paralon, hoola hoop, menyebrangi lautan, dll. Permaian-permaian tersebut didesign untuk memicu para peserta bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, kelompok yang lebih besar (putra dan putri), serta kelompok besar (seluruh peserta, angkatan 2012/2013).

Selain games yang melibatkan kontribusi peserta secara kinestetik, para peserta juga difasilitasi dengan kegiatan ceramah interaktif yang bertema “Menjadi Pemuda Hebat Versi Allah” guna memberi wawasan mengenai para pemuda hebat di dunia. Pun, mereka dipersiapkan menjadi pemuda-pemuda hebat bagi Indonesia dan dunia, yang tidak sekedar pintar, akan tetapi juga sholeh dan sholeha. Ceramah interaktif yang dipandu oleh Kak Kun Kun Kurniawan ini dikemas dengan metode yang renyah untuk dikonsumsi para remaja sehingga peserta pun tertarik untuk mengikuti dengan baik. Setelah itu, mereka dibimbing untuk membuat pohon ekspektasi dalam kelompok-kelopmpok kecil. Pohon ekspektasi ini merupakan pohon yang berisi kumpulan harapan, cita-cita yang sangat ingin mereka gapai dan atau kebaikan yang sangat ingin mereka lakukan. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan para peserta akan berjalan dengan lebih mantap dalam belajar, berusaha dan berdoa bersungguh-sungguh untuk menggapai ekspektasi mereka dan menjadi pemuda hebat Indonesia. Sebab, Man jadda wa jada, siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan berhasil.

Pada penghujung acara, peserta juga mendapatkan sebuah materi berjudul ‘Nge-Friend sama Islam’ yang  mengarahkan mereka untuk lebih mengenali agama, Rabb, teladan, dan petunjuk hidup mereka. Para peserta pun terisak dan tenggelam dalam keharuan ketika Kak Kun Kun mengajak mereka untuk mengingat faktor kebaikan yang menunjang kesuksesan mereka, salah satunya adalah orang tua. Kerap kali kita berbuat cela terhadap orang tua; membentak, malu memiliki orang tua seperti yang dipunyai, menghina, dll. Namun orang tua kita tetap mendukung kita, melakukan yang terbaik untuk kita. Dan sebera pun jumlah kekayaan yang kita miliki setelah sukses nanti, tak akan pernah cukup untuk membayar jasa orang tua kita.

Kak Kun Kun kemudian memandu peserta untuk mendoakan orang tua mereka semua. Lantas, para peserta menuliskan surat cinta untuk orang tuanya. Surat cinta ini boleh berisi pengakuan salah dan dosa kepada orang tua, permintaan maaf, maupun ungkapan cinta. Para peserta tampak bersungguh-sungguh menuliskan surat mereka. Bahkan, saat beberapa peserta membacakannya, peserta yang lain pun ikut tenggelam lagi dalam tangis haru yang luar biasa. Semoga, melalui kegiatan ini, siswa dan siswa SMA Sadnikta Bekasi dapat menjadi para pemuda hebat bagi Indonesia dan bahkan dunia, dan dengan selalu mencintai kebaikan terhadap Allah, orang tua, dan lingkungannya.

Kegiatan ini ditutup sekitar pukul 16:30 WIB oleh Ibu Kepala Sekolah. Beliau memberikan beberapa wejangan dan merasa senang siswa dan siswi SMA Sandikta Bekasi memperoleh tambahan ilmu dari Beewhite. Tim Beewhite management yang ketika itu diwakili oleh master trainer (Kak Kun Kun), Koordinator (Kak Frisa dan Kak Alfi), serta fasilitator (Kak Fauzul, Kak Irshad, Kak Kemal, Kak Amy, Kak Tiwi, Kak Dini dan Kak Endang) juga merasa senang bisa berkesempatan untuk berbagi dan belajar bersama taman-teman di SMA Sandikta Bekasi. Berbagai tantangan dalam menghadapi kondisi psikis remaja menjadi dinamika unik tersendiri bagi masing-masing mereka. Tim Beewhite tersebut, terutama fasilitator, semakin bersemangat  untuk meningkatkan kapasitas diri dan berharap, sehari bersama SMA Sandikta ini dapat menjadi pintu bagi peserta untuk menjadi pemuda hebat yang senantiasa mencintai dan melakukan kebaikan.

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on July 21, 2012, in Bee White Management, Creative, News. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: