Susu Sapi, ABG & Petasan

Ini catatan ramadhan yang keempat untuk tahun ini. DIbaca dari judulnya, tulisan ini akan membincangkan tiga hal, yaitu: susu sapi, ABG (anak baru gede) dan petasan, yang aku dapati ketika membeli es buah ba’da tarawih. Hmmmm… lagi2.. jangan mengharap sesuatu yang wah banget deh ya dari tulisan ini. Wong cuma curhat, kok. Hehe. Yah, jaman sekarang gitu, curhat aja online.😀

Aku memerhatikan ibu penjual sop dan es buah yang tampak sesekali kebingungan (sepertinya sudah terlalu kelelahan sehingga harus berulang kali menge-cek buah apa yang belum dimasukkan). Candaan bapak penjual mie ayam dengan dua pembeli sop buah yang lain tambah meramaikan suasana kala itu. Sesekali aku turut menimpali candaan Bapak penjual mie ayam itu. Indah rasanya keramahan ini.

Namun, seketika cendaan terhenti. Teriakan sekitar 20 ABG usia SMP-SMA menggantikan candaan kami yang mulanya renyah. “Ada polisi… ada polisi…” Semua berlari. Ternyata, di belakang gerombolan yang awal (sekitar 20 anak tadi) masih ada lagi gerombolan lain yang jumlahnya jauh lebih banyak. Semua lari ketakutan. Tapi setelah memasuki gang TK (ke arah STEKPI), mereka tampak mulai tenang.

Menurut info dari ibu penjual sop buah dan bapak penjual mie, para ABG itu hendak tawuran dan akhirnya bubar karena ada polisi. Hal ini memang kerap terjadi, apalagi setiap Ramadhan. Tapi mereka tak tau apa sebabnya. Hmmm… ektrim, deh. Dulu, waktu di Lampung, perasan ABG nya cuma iseng2 nakal main petasan aja. Tapi ini sekarang di Jakarta kok nyampe tawuran, ya? Apa jaman sekarang di Lampung juga udah pake tawuran? Ah, moga enggak.

Sebagai orang tua, Ibu penjual sop/es buah dan Bapak penjual mie ayam itu merasa was-was, khawatir anak mereka ikut-ikutan. Mereka berkeluh kesah sebagaimana naturalnya orang tua yang teramat sayang pada buah hatinya. Ada sebuah celetukan Bapak penjual mie yang menggelikan. “Yah… gini nih kalo anak-anak dikasih susu sapi, bukan asi, jadinya pada kayak anak sapi semua. Garang-garang. Pada ga nurut sama orang tua. Padahal orang jaman dulu. waktu belum ada susu sapi, anak-anak pada nurut sama ortu. Kalo didiemin sama ortu udah salah tingkah. Dimarahin ortu jadi tunduk. Tapi anak sekarang mah kalo dimarahain malah balik marah ke ortunya”. Astaghfirulloh… apa begini banget yak ABG jaman sekarang? *merasa bingung aku masuk anak jaman dulu atau jaman sekarang, haha.

Wajar lah kalo para orang tua was-was dan tidak ingin anaknya mengecewakan mereka yang sudah bersusah payah berjuang untuk kepentingan buha hati tercinta. Tapi, ngapain, ya ABG-ABG itu pake tawuran segala? Ngerasa butuh objek buat dipukuli? atau pengen nge-tes kekuatan? Ah… tapi ya jangan tawuran sama sesama ABG lah.. coba lawan tembok kamar aja.. atau petinju beneran, sekalian. *ngaco.

Soal petasan. Sampe sekarang, aku masih belum mengerti. Kenapa ya, petasan itu justru semakin marak beredar saat ramadhan?

Catatan Ramadhan 1433 H, Tanah Ibu Kota,

22 Juli 2012

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on July 24, 2012, in anything, My World. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: