Sanlat SMA Dipo, Bukan Sanlat Biasa

SMA Diponegoro (SMA Dipo) 1 yang berlokasi di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, menggelar kegiatan pesantren kilat (Sanlat) Ramadhan pada tanggal 30 Juli- 2 Agustus 2012. Kegiatan ini diperuntukkan bagi para siswa dan siswi kelas X (sepuluh) yang belum genap sebulan menjalani pendidikan sebagai murid sekolah menengah atas. Sanlat yang digelar oleh SMA Dipo ini memang bukan sanlat biasa yang sekedar menjadi rutinitas dalam bulan suci Ramadhan, akan tetapi, merupakan ajang pelatihan dan pemantapan diri pesertanya untuk menjadi muslim muda yang hebat dengan prinsip ‘pintar harus dan sholeh wajib’.

Filosofi dan misi dari prinsip tersebut merupakan sebuah refleksi dari kondisi masa kini dimana banyak sekali golongan terdidik atau orang-orang pintar di Indonesia yang tidak menyertai kepintarannya dengan kesholehan sehingga terjerumus dalam perbuatan tercela seperti korupsi. Dampaknya, orang-orang pintar tersebut justru merugikan rakyat dan negara hingga Indonesia pun makin terpuruk keberadaannya. Padahal, seharusnya golongan tersebutlah yang menjadi penggerak rakyat untuk bersama memajukan negara. Oleh karena itu, para pemuda, calon pemimpin di masa depan, pun harus sejak dini terus dibekali dengan wawasan akademik yang terbaik dan kesholehan yang kuat sehingga mampu memperbaiki Indonesia dengan ilmu, tanpa korupsi dan perbuatan merugikan lainnya.

Untuk mencapai misi tersebut, kepanitiaan yang terdiri dari para dewan guru  dan bekerja sama dengan Beewhite mengemas sanlat ini dengan kegiatan-kegiatan yang mengarahkan para pesertanya untuk terus termotivasi belajar dan berusaha dengan baik serta selalu melibatkan Allah dalam setiap tindak dan laku. Dengan dipandu oleh Jay Nurzaman (Kak Jay), para peserta diajak untuk membuat proposal masa depan yang berisi impian, cita-cita, dan target prestasi yang ingin mereka raih dalam hidup mereka sejak menjadi siswa SMA Dipo hingga kehidupan mereka di tahun-tahun selanjutnya. Pembuatan proposal masa depan ini akan membimbing para peserta untuk mempunyai arah dan tujuan yang jelas dalam hidup sehingga mereka pun dapat melangkah dengan pasti meniti masa depan. Pun, mereka akan terus terpacu untuk belajar dan berusaha bersungguh-sungguh dalam mencapai target yang telah dibuat. Para peserta juga dipersiapkan untuk mampu bersaing dan bekerja sama dalam tim dengan sebaik-baiknya melalui beberapa games outdoor.

Selain itu, mereka juga dibiasakan dengan ibadah-ibadah harian yang bisa semakin mendekatkan diri terhadap Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Antara lain: sholat fardhu berjamaah, sholat Dhuha (dengan penjelasan keutamaan-keutamaannya), zikir, berinfaq dan mengajak orang lain berinfaq (salah satunya dengan berkreasi membuat tempat infaq yang menarik), dan berbuat baik kepada orang tua, guru dan teman. Selain dipraktikkan secara langsung selama kegiatan, kebiasaan-kebiasaan baik tersebut juga disampaikan dalam sebuah ceramah interaktif yang disampaikan oleh Toyib Efendi (Kak Toyib) bertema Konsep Diri Remaja Muslim.

Pun, para peserta diajak untuk mencintai Al-Quran, rajin membaca dan menghafalkannya. Tiga hafidz cilik bersaudara, Habib, Fahmi dan Namira beserta ibunda mereka hadir untuk berbagi inspirasi dan motivasi menghafalkan Al-Quran. Ketika masing-masing hafidz tersebut melantunkan hafalan Al-Qurannya, suasana begitu hening dan beberapa peserta larut menjatuhkan air mata. Al-Quran memang mukjizat yang luar biasa, bacaannya menenangkan, dan bahkan menghafalkannya pun terbukti mencerdaskan. Muslim muda, anak baik Indonesia, memang seharusnya turut menghafal Al-Quran untuk menjaga diri dalam ketaqwaan dan meningkatkan kecerdasan.

Andromeda, salah satu peserta, mengaku senang dengan kegiatan selama tiga hari ini karena materi-materinya disampaikan dengan menyenangkan. Ia pun sangat terkesan dengan sesi muhasabah yang banyak mengingatkannya akan kesalahan diri selama ini, terutama terhadap kedua orang tuanya. Ia juga telah membuat surat cinta yang berisi permintaan maaf, ungkapan cinta dan doa terbaik untuk kedua orang tuanya.

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on August 6, 2012, in Bee White Management, Creative, News. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: