Sanlatnya Penghafal Quran Di Masjid Tahfidz Al-Muttaqin

Perkembangan buah hati menjadi anak yang pandai dan sholeh/sholeha tak akan terlepas dari peran serta orang tua dan lingkungan sekitar dalam memberikan bimbingan. Sebagai salah satu perwujudannya, Masjid Tahfidz Al-Muttaqin yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat, menggelar pesantren kilat (sanlat) Ramadhan bagi anak-anak sekitar. Kegiatan ini diinisiasi oleh perkumpulan ibu-ibu di komplek sekitar masjid Al-Muttaqin dan didukung penuh oleh pengurus masjid Al-Muttaqin yang kemudian bekerja sama dengan PPPA (Pondok Pesantren Penghafal Quran) dan Beewhite. Kegiatan ini diselenggarakan guna memfasilitasi anak-anak, para peserta yang juga merupakan santri masjid Al-Muttaqin, yang mayoritas telah memulai menghafalkan Al-Quran, untuk memperdalam wawasan keagamaan sebagai bekal mereka dalam menjalani hidup sebagai anak yang sholeh dan cerdas.

Sanlat yang dilaksanakan pada tanggal 24-29 Juli 2012, dimulai setiap usai Ashar hingga maghrib dan berbuka puasa bersama, ini membekali para peserta dengan materi-meteri bertema Anak Hebat Versi Allah, Nge-friend sama Islam, Ibadahku untuk Allah, Be Good is Cool, dan Semangat Berbuat Baik. Meteri-materi yang disampaikan oleh Kak Toyib dan Kak Luqman tersebut dikemas dengan menyenangkan sehingga para peserta tetap terjaga dalam kondisi yang relax. Mereka juga diberikan motivasi untuk terus menghafalkan Al-Quran yang kemudian disertai dengan praktik menghafalkan surat Shaff bersama-sama. Pada hari terakhir, para peserta juga diajak bermain dalam games outdoor, berkreasi dalam pentas seni, dan melakukan aksi kebaikan untuk membersihkan masjid dan daerah sekitarnya secara bersama-sama.

Menurut Pengurus Masjid Al-Muttaqin, sanlat yang digelar setiap tahunnya ini selalu dipenuhi peserta yang jumlahnya hingga mencapai lebih dari seratus anak. Mereka berharap, kegiatan yang diinisiasi oleh para ibu-ibu ini akan dapat menjadi media pendidikan yang membekali anak-anak mereka wawasan agama dan sosial serta kemandirian sehingga mencetak para generasi muda dengan akhlak yang baik dan sekaligus penghafal Al-Quran.

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on Agustus 6, 2012, in Bee White Management, Creative, News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar