Komitmen Hari Pertama

Semuanya berawal dari sekitar seminggu yang lalu. Salah seorang teman baikku mengirimkan sms ke HP ku. Dia meminta tolong untuk dicarikan orang yang bisa mengajar matematika kelas 2 SD full English dan mengajar mengaji kelas 2, 3, dan 6 SD full English. Yang matematika itu sudah sekian kali ditawarkannya padaku. Ah. Tapi sudah jelas, lah, aku tak mau. Mengajar matematika yang pakai Bahasa Indonesia saja sudah mikir-mikir, apa lagi pakai Bahasa Inggris?😀 hehe (ini tak lebih dari sekedar kesensian saja, efek pengalaman buruk dengan matematika). Tapi, lowongan kedua, mengajar ngaji, entah kenapa tiba-tiba aku langsung tertarik. Ya, insentifnya memang cukup gede, tapi justru bukan itu yang jadi pertimbanganku. Entahlah, ketertarikanku ini sepertinya tulus, tapa syarat (halah…:D). Lagipula, meskipun secara kasat mata jumlah fee yang dibayarkan cukup besar, tapi itu sebenarnya kecil kalau dipikirin bahwa yang diajar ada tiga anak sekaligus. Ya tapi sekali lagi, lah. Memang bukan gaji yang jadi alasan ketertarikanku saat itu. Rencananya mau mulai ngajar lagi setelah sidang skripsi, tapi diubah. Sekarang saja, InsyaAllah siap mengajar.

Aku kemudian bertemu langsung dengan salah satu orang tua dari calon muridku di Dharmawangsa Square (DS). Baru pertama ke sana. Dari Blok M bisa naik 610. Sampai di sana alhamdulillah nggak terlambat meskipun sudah lewat dari jam yang disepakati. Artinya, kami memang sama-sama terlambat. Hehe.

Ternyata, mengajar mengaji yang diharapkan orang tua muridku kali ini bukan membaca huruf hijaiyah, melainkan mengenalkan Islam dari basic. Sebab, para calon muridku belum tau apa-apa sama sekali tentang Islam. Kalau tidak salah, alasannya karena salah satu dari orang tua murid yang mualaf dan ada juga yang bingung mau dari mana dan bagaimana mengenalkan Islam pada anaknya.

Oke, Bismillah. Aku ambil tantangan itu. Ditambah lagi, mengajar ngajinya harus menggunakan full Bahasa Inggris karena para muridnya nggak bisa bicara Bahasa Indonesia.

Sampailah di hari ini, 23 November 2012. Aku diminta datang ke lokasi, Apartemen Brawijaya, jam empat sore. Jam 14.30 aku sudah di Blok M, menunggu kopaja atau Metro Mini yang lewat Antasari. Lama sekali nggak ada yang lewat. Tapi alhamdulillah setelah cukup lama menunggu, menerabas hujan, mengejar metro mini yang malah justru semakin lari, dan nyaris putus asa, ada juga kopaja 63 Blok M-Depok lewat Antasari. Tapi setelah masuk 63 pun jalannya masih lama karena jalurnya diisi oleh yang lain.

Singkatnya, aku kesasar sampai di R.S. Brawijaya dan naik Bajaj setelah berusaha jalan sekuat tenaga. Saat itu lagi shaum, dan kakiku lagi sakit banget entah kenapa. Ah… pokoknya selama perjalanan ini banyak sekli kejadian unik. Tapi terlalu panjang lah untuk diceritakan di sini. Rasanya aku harus segera tidur, hahaha (jadi inti postingannya gak jadi di tulis dong, ya? ngaco nih).

Alhamdulillah, aku ketemu sama tiga muridku, Denisha , Alexa , dan Geby . Oh, ya, ketambah lagi si anak bawang lucu umur 2 atau 3 tahun, adik Geby dan Alexa, Aron namanya. Dia ikutan nimbrung dan ikut-ikut ngelakuin instruksiku. Yang lucu, waktu dia ikutan ngucapin syahadat, jadi aneh karena memang di belum lancar 100% ngomong dengan jelas. Apalagi waktu aku ajak mereka main game yang menggunakan bola. Wuiiihhh…. si Aron seneng banget. Tapi sih dia emang cuma ikut lempar, nangkep dan ngejar-ngejar bola. Dia mah ngga ikutan dapet konsekuensi (ngucapin salam atau syahadat) kalo musik berhenti dan bola masih dia pegang. Ah, Aron. Lucu banget, hehe.

Hari ini bar kenalan. Aku hanya tanya-tanya tentang apa yang sudah mereka tau tentang Islam. Setelah itu aku klarifikasi dan elaborasi.  Aku juga tunjukin video lagu-lagu biar lebih menarik dan gampang menghafal syahadat, bismillah, dan alhamdulillah. Mereka menyambut dengan antusias. Alhamdulillah… .

Mereka tau bahwa Tuhan kita sebagai muslim adalah Alloh. Tapi, ketika sedang berdiskusi, Denisha nyeletuk, “Kak, Jesus is also God”. Aku kaget. Tapi segera terkendali karena ini wajar karena mereka memang sekolah di sekolah Katolik. Lalu aku jelaskan saja dulu untuk sementara bahwa ya, Jesus adalah Tuhan, tapi untuk orang Katolik dan Kristen. Kalu Tuhan kita tetep hanya satu, Alloh. Ya, segitu aja dulu. Nggak mungkin lah mau jelasin yang berat-berat. Yang penting misiku sekarang adalah mereka tau dan paham tentang Islam dan nantinya bisa membuat mereka bisa dan terbiasa sholat serta bisa dan terbiasa membaca Al-Quran (dimulai dari membaca huruf-huruf Hijaiyah). Tak masalah lah meskipun untuk memahami apa itu Idul Fitri dan Idul Adha pun harus menggunakan istilah Muslims’ Chrismast. Mereka memang lebih familiar dengan istilah-istilah itu. Biarkan awalnya membuat mereka belajar lebih kontekstual, bahwa Islam juga menarik seperti halnya agama lain yang mereka dapatkan atmosfirnya di sekolah.

Overall, pertemuan pertama ini menyenangkan, luar biasa, Alhamdulillah. Mereka menjadi semangat baruku. Aku harus berusaha dengan sebaik-baiknya menjalankan amanah sebagai guru ngaji ini. Mereka bertiga juga adalah generasi muslim yang harus segera diselamatkan akidahnya sebelum mereka lebih condong pada ajaran agama lain. Hari pertama ini aku berkomiten untuk InyaAllah bersungguh-sungguh menjaankan misi ini, menyelamatkan generasi muslim agar menggapai perbaikan akidah dan khazanah keIslaman. Bismillah. Mudahkan, Ya Allah… . Aamiin.

Belum selesai, belum dibaca ulang juga nih. Tapi sudah ngantuk. Segini dulu. InsyaAllah akan disambung besok-besok lagi.😀

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on November 24, 2012, in anything, My World. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: