Mahasiswa Beasiswa


beasiswa-mahasiswa

Beasiswa selalu menjadi target yang diburu oleh mayoritas mahasiswa. Tak ayal, sebab akan ada banyak keuntungan jika seorang mahasiswa menjadi peraih beasiswa. Salah satunya adalah bisa meringankan beban orang tua dari biaya kuliah yang cukup mahal. Lebih lagi, sang mahasiswa juga akan meringankan orang tua dari biaya hidup, seperti makan dan sewa kos, jika mahasiswa tersebut bisa mendapatkan beasiswa full yang disetai dengan biaya hidup.

 

Sekilas kita akan memandang keren para mahasiswa beasiswa. Seolah hidup mereka selalu di udara, tanpa beban memikirkan uang setiap bulan. Atau lebih keren lagi, mereka tidak perlu bekerja sampingan (disela kuliah) karena setiap bulan sudah ada yang menggaji (beasiswa+biaya hidup_red.).

Tapi, kisah mahasiswa beasisawa tidak semulus dan se’keren’ itu. Sebab, yang memberi beasiswa berikut staffnya juga tetap manusia yang penuh keterbatasan. Media yang digunakan untuk mentrasfer dananya pun masih buatan manusia yang wajar jika tidak sempurna. Jadi, harap maklum jika sesekali akan ada keterlambatan pentransferan dana beasiswa+biaya hidup ke rekening masing-masing mahasiswa beasiswa (dengan beragam penyebab dan alasan).

 

Nah, kalau begini kasusnya, apa masih keren kalau mahasiswa beasiswa tidak perlu bekerja sampingan?

 

Tentunya tidak. Mahasiswa beasiswa tidak boleh sepenuhya menggantungkan biaya hidupnya pada beasiswa. Tetap diperlukan adanya usaha mandiri dari masing-masing pribadi untuk membiayai (minimal) hidupnya sendiri. Lagi pula usia mahasiswa biasanya bukan anak-anak lagi, sudah lumrah untuk bekerja, mencari uang sendiri.

 

Hal ini bisa dilakukan dengan bekerja paruh waktu (part time), misalnya sebagai guru privat, karyawan, penulis, trainer muda, dll. Atau lebih baik lagi jika bisa membuka usaha sendiri. Dewasa ini bahkan sudah tak asing lagi jika mahasiswa memiliki bisnis. Bisnis tersebut biasanya berupa toko online, berjualan makanan, berjualan pulsa, membuka toko pakaian dan aksesoris, membuka restoran, jasa pembatan design, dll. Bahkan, seorang mahasiswi Universitas Lampung (UNILA), bernama Mei Dianita, kini memiliki bisnis editing dan proof reading tulisan berbahasa Inggris yang berekal ketertarikannya terhadap Bahasa Inggris dan penulisan berbahasa Inggris.

 

Mahasiswa beasiswa juga harus aktif dan kreatif untuk mendapatkan penghasilan pribadi, baik dengan bekerja sebagai karyawan maupun membuka usaha sendiri. Dengan demikian, ketergantungan terhadap uang beasiswa dapat dieliminir. Pun, sebaliknya, pihak pemberi beasiswa juga hendaknya melakukan langkah-langkah preventif agar tidak terjadi keterlambatan yang terulang dalam pengiriman beasiswa. Sebab, biar bagaimana pun, beasiswa tersebut tetaplah hak penerima beasiswa yang harus segera disampaikan jika waktu yang disepakati telah tiba.

 

Teringat cerita salah satu teman tentang tausyiah Ustadz Yusuf Mansyur, “Mahasiswa, udah gak punya uang, gak punya bisnis, gak mau sholat dhuha, lagi.” Kira-kira demikian.

 

Sholat Dhuha. Selain harus berikhtiar, bergelut dengan urusan dunia untuk mendapatkan income, mahasiswa beasiswa (dan kita semua) juga sebaiknya membiasakan diri melaksanakan sholat dhuha. Sholat yang minimal 2 rakaat di waktu dhuha (sekitar jam 7-sebelum zuhur) ini memiliki beberapa keutamaan yang salah satunya adalah membuka pintu rizki. Selain itu, insyaAllah segala urusan juga akan dimudahkan oleh Allah SWT.

 

Mahasiswa beasiswa tidak bergantung pada beasiswa untuk membiayai kehidupan sehari-harinya. Mahasiswa beasiswa itu mandiri, berpikir cerdas dalam bertindak, bekerja keras dalam berusaha, rajin sholat dhuha sebagai senjata (sekaligus sebagai syukur dan keimanan kita pada Allah Azza Wajalla).

 

*[Nasihat untuk diri sendiri… .]

 

 

Endang Sriwahyuni

Lembah rantau, Ibu Kota Negara

24 Januari 2013

 

 

gambar: isukepri.com

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on January 24, 2013, in anything, My World. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. 🙂 baru baca, ada nama ayeee🙂 Kaupun mahasiswa beasiswa dearest sissy🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: