Ruqayah Binti Muhammad SAW

Ruqayah adalah salah satu putri Nabi Muhammad SAW yang lahir dari Rahim Khadijah. Ruqayah beraudara dekat dengan Ummu Kaltsum. Ketika itu, Ruqayah menikah dengan Utbah dn Ummu Kaltsum menikah dengan saudara Utbah yang bernama Utaibah. Utbah dan Utaibah adalah anak dari Abu Lahab.

Sebenarnya Khadijah sangat tidak menyukai pernikahan tersebut lantaran telah mengetahui istri Abu Lahab, Ummu Jamil, memiliki perangai yang tidak baik. Khadijah khawatir anak permpuannya akan terpengaruh oleh sifat buruk mertua mereka. Apalagi, setelah wahyu kenabian tuun kepada Muhammad SAW., Abu Lahab dan istrinyalah yang paling membenci Muhammad. Mereka menghasut orang-orang Quraisy agar membenci Rasulallah. Bahkan, karena kesombongan Abu Lahab, Allah menegurnya dalam Al-Quran surat Al-Lahab. Abu Lahab semakin murka dan memaksa kedua anak laki-lakinya menceraikan Ummu Kaltsum dan Ruqayah. Lantas, tanpa alasan yang past pun perceraian terjadi.

Ruqayah kemudian menikah dengan Ustman Bin Affan. Ia sangat bahagia karena Ustman adalah sosok muslim yang sangat baik hati, beriman teguh, tampan, dermawan, dan kaya raya. Namun, setelah pernikahan itu, kaum Quraisy semakin kejam menindas para muslim. Lalu Rasulullah SAW memerintahkan mereka, “Pergilah ke negeri Habasyah karena di sana ada seorang raja yang terkenal baik budinya, tidak suka menganiaya siapa pun, di sanalah bumi yang melindungi kebenaran. Pergilah kesana sehingga Allah akan membebaskan kalian dari penderitaan ini.”

Para muslim mematuhi perintah Rasulullah. Maka, pergilah satu kafilah menuju Habasyah dipimpin oleh Ustman Bin Affan. Rasulullah SAW berkata behwa mereka adalah oran-orang kedua yang berhijrah dengan membawa istri setelah Nabi Luth A.S.

Di Negeri Habasyah, kaum muslim mendapatkan perlakuan yang sangat baik. Sampai pada suatu hari, mereka medengar kabar bahwa kondisi Mekkah sudah aman, maka para kafilah Islam ini memutuska kembali ke Mekkah. Akan tetapi, ternyata kondisi Mekah semakin parah atas kekejaman kaum Quraisy. Para kafilah tidak berani pulang pada siang hari, mereka memasuki Mekah dengan sangat berhati-hati pada malam hari.

Sesampainya di rumah, Ruqayah segera melepas rindu terhadap keluarganya. Namun ia sangat terpukul ketika tidak bisa menemui orang yang sangat dicintai dan dirindukannya,Khadijah, ibunya. Ternyata saat itu ibunya telah berpulah ke Rahmatullah.

Penderitaan hati Ruqayah tidak berhenti sampai di situ. Anak satu-satunya yang lahir pada saat hijrah pertama, bernama Abdullah, pun meninggal dunia pada usia dua tahun. Abdullah meninggal setelah seekor ayam jantan mematuk wajah Abdullah yang kemudian membengkak. Ketika itulah Allah SWT mencabut nyawa Abdullah. Ruqayah tidak memiliki anak lagi setelah itu.

Ketika Rasulullah SAW. Hijrah ke Madinah, Ruqayah dan Ustman pun berhijrah ke sana, Suatu hari, saat Pasukan Muslim tengah bersiap untuk melakukan Perang Badar, Ruqayah jatuh sakit. Rasulullah SAW memerintahkan Ustman untuk tetap di Madinah menjaga Ruqayah.

Ternyata, saat perang Badar berlangsung, Ruqayah radiallahu anha kembali ke Rahmatullah. Hal ini terjadi pada bulan Ramadhan. Kemenangan Badar yang dibawa kaum Muslim kembali ke Madinah telah disambut dengan pemakaman Ruqayah.

Para wanita menangisi kepergian Ruqayah hingga Umar marah dan hendak memukuli mereka. Namun Rasulullah SAW. menahannya dan berkata, “Biarkanlah mereka menangis, Umar. Tetapi hati-hatilah dengan bisikan syaitan. Yang datang dari hati dan mata adalah dari Allah dan merupakan rahmat. Yang datang dari tangan dan lidah adalah dari syaitan.

Diceritakan kembali dari:

http://ahlulhadist.wordpress.com/2007/10/01/ruqayyah-binti-rasulullah-wafat-2-h/

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on May 21, 2013, in Creative, figur. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: