Cuma Nama Hewan Kok, Kak

Pagi itu aku bersemangat sekali mengajar kelas 9B SMP GIIS Bekasi. Para siswa yang lebih sering aku panggil “adik-adik” pun tampak sangat bersemangat mengerjakan soal-soal yang aku berikan. Mereka berkelompok, setiap kelompok mengerjakan soal yang bereda namun pada akhirnya nanti akan saling share sehingga sama-sama paham.

Selama mereka mengerjakan soal, aku berkeliling memantau dan memberikan bantuan pada yang ingin bertanya atau membutuhkan bantuan. Sampailah di kelompok mujahid (panggilan untuk siswa laki-laki di sekolah ini). Singkat cerita, Fadhil kesal pada temannya dan lantas berkata, “Kambing, loe!”. Secara tegas pun aku langsung menyahut, “Fadhil! what did you say?!” dengan wajah yang aku hororkan.

Bukannya takut, Fadhil justru menjawab dengan wajah polosnya, “Yah, kak, saya kan cuma nyebutin nama hewan. Soalnya kalo nama buah gak enak. ‘Apel loe!’. Gak enak kan kak? Apa lagi nama sayuran, ‘bayem, loe!’ lebih gak enak.”

Hahahaha….😀

Rasanya tak bisa lagi untuk tidak tertawa. Adik-adik dalam kelompok mujahid itu pun tertawa semua sampai menyita perhatian kelompok yang lain.😀

Ah… ada-ada saja Fadhil yang cerdas ini.

Tapi rasanya jadi penasaran juga. Aku pernah hampir meneliti tentang kenapa kata-kata kasar, kotor, dan sejenisnya itu digolongkan kedalam kata-kata kasar. Atau mengapa, terkadang, nama hewan tertentu dianggap kasar sedangkan nama hewan lain tidak, misalnya anjing (maaf) adalah sangat kasar, tapi ayam tidak. Mungkin tepatya penelitian ini adalah bidang linguistik. Dan satu lagi bidang psikologi, mengapa orang yang marah cenderung tertarik untuk mengatakan kata-kata kasar, kotor, dan sejenisnya. Apakah mereka merasa lega? atau apa?

Hmmm…. tapi sampai saat cerita lucu ini terjadi, aku belum melakukan penelitian apa-apa terkait hal tersebut🙂.

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on November 8, 2013, in Experience, My World. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

