Hari ini Ada di Dunia Kerja ^^

Sejak awal Juli 2014 lalu saya resmi memasuki gerbang kehidupan yang baru.  Mungkin terdengar sedikit berlebihan “Gerbang Kehidupan yang Baru“.  Tapi rasanya memang demikian.  Banyak hal baru yang harus saya biasakan, rekan baru yang saya kenal, gaya hidup baru, ritme kerja baru dan banyak hal baru lainnya yang hadir dalam kehidupan saya.  Tanpa membanding-bandingkan dengan yang lama, semua hal baru yang ada terasa menyenangkan meskipun saya claim bahwa sekarang hidup saya justru menjadi lebih serius.

 

“Menyenangkan” bukan berarti mulus tanpa tantangan.  Tentu saja tidak.  Sebagai seorang honorer di sebuah daerah yang UMR nya relatif kecil dan kebutuhan hidupnya cukup banyak lantaran baru saja pindahan, kondisi ekonomi menjadi salah satu tantangan.  Banyak kebutuhan yang akhirnya harus dipilah ulang berdasarkan prioritasnya, dipangkas, sehingga dana yang ada cukup untuk memenuhinya.  Namun, satu hal yang saya selalu ingat dari seorang teman saya yang akrab saya sapa “Mba Hanifah”, “Semua itu bergantung sama gimana kita mensyukurinya, En.”  Kira-kira begitu.  Ya, meskipun perih dengan kondisi ekonomi yang seperti ini, saya tetap merasa senang. Kuncinya adalah belajar mensyukuri.  Tak mudah? Memang.  Tapi kita bisa terus belajar untuk bersyukur.  Dan satu lagi, saya selalu diingatkan oleh beberapa senior bahwa gaji honorer di sekolah ini cenderung sudah besar dibandingkan sekolah lain.   Lalu, nikmat mana lagi yang pantas untuk saya dustakan?  Maka lagi-lagi saya harus lebih banyak bersyukur.  Semoga segala rizki ini berkah.

Beban kerja

Meskipun bekerja sebagai seorang pengajar, namun ternyata tugas saya bukan sekedar mengajar di kelas.  Banyak pernak-pernik kepengajaran yang harus saya siapkan.  Tak kalah banyak pula program sekolah ini dan itu yang melibatkan para guru untuk menyelesaikannya hingga kerap pulang menjelang malam.  Melelahkan? Tentu.  Tapi bukankah kita masih diberi waktu malam untuk beristirahat?  Bukankah di sela kelelahan itu ada canda bahagia bersama teman-teman seperjuangan? Ya, benar, tidak terelakkan.

 

Tekanan dan tuntutan lambat laun membanyak.  Memusingkan?  Ya, jelas memusingkan.  Ingin mengeluh?  Pasti sangat ingin mengeluh.  Tapi, apakah setelah mengeluh lantas semua tekanan dan tuntutan lepas dan pusing menghilang?  Mungkin hanya sejenak.  Keesokan harinya kepusingan karena tuntutan dan tekanan pun akan kembali lagi.

 

Bukan hanya sebagai guru.  Mungkin tantangan-tantangan seperti di atas juga dirasakan oleh teman-teman lain, apa pun profesinya.  Yang jelas, yang seperti itu tidak sekali selesai dengan keluhan semata.  Kita butuh melihat dari segala sisi positifnya agar tidak membebani diri, agar tidak menyiksa jiwa.

 

Ya, mungkin beginilah dunia kerja.  Kita bukan hanya harus seiap dengan segudang ilmu, wawasan dan potensi akademik, melainkan juga MENTAL dan KARAKTER.  Sebab, nilai A pada mata kuliah skripsi sebenarnya tidak berpengaruh pada bagaimana pimpinan menilai kinerja kita.  Justru mental kita dlam menerima tantangan kerja dan karakter kita dalam keseharianlah yang berlaku.

 

Maka, selamat menikmati dunia kerja.  Terus up grade potensi diri, mental dan karakter pribadi.  Semoga kerja kita tidak sekedar bernilai usaha memenuhi kebutuhan hidup, akan tetapi juga media aktualisasi diri, berkarya, dan tentunya beribadah. ^^

 

Salam semangat berkarya,

dari pendatang baru di dunia kerja (yang sebenarnya) ^^.

 

Refleksi pagi, di ujung Kota Bandar Lampung

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on October 18, 2014, in Experience, My World. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

