Tentang Meme Khas Awal Ramadhan

Alhamdulillah, Ramadhan 1439 H telah hadir. Ramadhan selalu berasa istimewa. Orang bilang, Ramadhan itu adalah saatnya memaksimalkan ibadah karena pahalanya berlipat ganda. Ada juga yang bilang bahwa Ramadhan adalah masa-masanya harus banyak berkumpul dengan keluarga. Pokoknya dengan berbagai alasan, Ramadhan selalu istimewa.

Terlepas dari itu semua, Ramadhan juga membuka jalan bagi kalangan produsen makanan untuk memproduksi makanan-makanan khas berbuka puasa, produser TV membuat acara-acara pilihan bertema Ramadhan, dan bahkan para kreatif juga sempat-sempatnya membuat meme-meme khusus bertema Ramadhan. Meme yang sering fenomenal adalah yang mengaitkan nasib jomblo di bulan suci Ramadhan. Berikut beberapa contohnya dari berbagai sumber.

Masih banyak lagi meme sejenis itu. Intinya, para jomblo akan mengalami nasib yang sangat menyedihkan karena masih saja jomblo alias belum menikah di bulan Ramadhan. Mengapa? Karena mereka akan tetap sahur sendiri dan berbuka sendiri. Yang belum punya istri, belum ada yang membangunkan sahur dan menemani sahur maupun buka puasa.

Apakah benar akan setragis itu?

Sebenarnya tidak juga.

Para jomblo juga punya keluarga seperti ayah, ibu, kakak, adik, nenek, dll yang menemani mereka sahur dan buka. Kadang juga jomblo yang sekaligus menjabat gelar “anak kos” akan sahur dan berbuka bersama teman kos mereka. Lalu, kenapa didramatisir sedemikian rupa? Yupz. Karena sebenarnya tujuan meme tersebut dibuat dan getol disebar oleh para non-jomblo adalah untuk memotivasi para jomblo agar bersegera untuk menikah. Tujuan yang baik, tapi kadang melukai sebagian orang, khususnya cewek, yang lagi sensitif.

Saya pribadi, bukan jomblo, tidak tertarik untuk turut menyebar meme sejenis itu. Karena kenyataannya, nasib saya kadang lebih tragis dari jomblo (yang bisa sahur dan buka bersama ayah, ibu, atau teman kosnya). Saya sahur dan buka benar-benar seorang diri di rumah ini meskipun sudah punya suami. Nggak mungkin kaaaan kalau mau nimbrung buka di rumah tetangga… haha.

Kondisi LDR inilah penyebabnya. Jadi, sebenarnya, meme tersebut tidak hanya menimpuk hati dan perasaan para jomblo, melainkan juga non-jomblo yang LDR seperti saya.

#curhatgratis

Advertisements

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on May 21, 2018, in anything, My World. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: