Sabun Antiseptik Memang Penting, Tapi Awas, Jangan Salah Pilih!

Istilah antiseptik semakin populer di kalangan masyarakat sejak Covid-19 mewabah. Tapi, tau nggak, sebenarnya antiseptik itu apa, sih?

Well, antiseptik adalah zat yang bisa dipakai untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti kuman patogen, virus, bakteri dan jamur. Zat ini bisa ditemukan dalam berbagai produk kesehatan, misalnya sabun mandi dan sabun cuci tangan.

Nah, di masa pandemi ini, keberadaan sabun yang mengandung antiseptik sangat dibutuhkan, lho. The Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology (APIC) juga sangat merekomendasikan penggunaan sabun antiseptik khususnya di era pandemi Corona seperti sekarang. Kira-kira kenapa, ya?

Yuk, sekarang kita bahas tentang sepenting apa sih, sabun antiseptik di masa kini.

Pada dasarnya, sabun antiseptik memiliki manfaat, antara lain:

  1. Memberi perlindungan maksimal dari bakteri dan virus
  2. Mengobati penyakit kulit akibat jamur
  3. Menghilangkan rasa gatal
  4. Menghilangkan bau badan

Terkait dengan kondisi saat ini, di mana jumlah positif covid-19 di Indonesia masih terus bertambah setiap harinya, kita fokus saja ke poin yang pertama, ya. Sabun antiseptik memberi perlindungan maksimal dari bakteri dan virus.

Sesuai dengan pengertian antiseptik seperti telah dijelaskan di atas, sabun yang mengandung antiseptik memang lebih efektif membasmi bakteri dan virus. Sabun antiseptik yang baik salah satunya mengandung Povidone-Iodine. Zat tersebut memiliki aktivitas mikrobisidal yang berspektrum luas. Secara klinis, Povidone-Iodine terbukti mampu dengan efektif membunuh dan menghambat pertumbuhan mikroba berbahaya seperti kuman patogen dan beberapa virus. Kabar baiknya, Covid-19 juga merupakan salah satu virus yang termasuk kedalamnya. Artinya, penggunaan sabun antiseptik juga memiliki peran penting untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Sabun antiseptik bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Tapi, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih sabun antiseptik. Yang pertama, pastikan hanya memilih sabun antiseptik yang mengandung bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut bisa dilihat di kemasan sabun. Penggunaan bahan sangat berpengarauh pada efek samping. Sabun antiseptik yang mengandung bahan-bahan alami tentunya akan lebih aman untuk digunakan sehari-hari. Kemudian, yang kedua, pilihlah sabun yang mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Hal ini penting agar bakteri dan mikroorganisme lainnya yang menempel di pori-pori setelah kita berakivitas seharian bisa benar-benar bersih. Yang ketiga, pilih sabun antiseptik yang sesuai dengan jenis kulit. Pastikan kandungan tambahan pada sabun tersebut akan berefek positif pada kulit.

Eh, tapi, memangnya ada ya, sabun antiseptik yang seideal itu? Ternyata ada, gengs. Ini, salah satu sabun antiseptik yang recommended untuk digunakan sehari-hari. Sabun mandi Sebu Antiseptik.

Dengan kandungan utama berupa Povidone-Iodine, sabun mandi Sebu Antiseptik telah diformulasikan oleh para ahli sehingga secara optimal mampu memberikan perlindungan dari virus, bakteri, dan jamur. Selain itu, Sebu Antiseptik bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti deterjen, paraben atau pengawet, pewarna sintetis, dan parfum tambahan. Sebaliknya, sabun ini justru mengandung bahan-bahan alami yang sangat baik untuk kulit yaitu madu lebah, ekstrak lemon, minyak zaitun, virgin coconut oil, dan minyak sawit. Wah, beneran komplit, deh. Semua bahan-bahan alami tersebut punya efek yang bagus banget buat kulit, mulai dari melembabkan, anti-aging, menghilangkan flek hitam, mengatasi jerawat, mengangkat sel kulit mati, membunuh mikroorganisme berbahaya, hingga mencerahkan.

Kandungan bahan-bahan alami pada sabun mandi Sebu Antiseptik membuat sabun ini cocok untuk semua jenis kulit. Selain melindungi diri dari Covid-19, Sebu Antiseptik juga bisa jadi solusi untuk kulit berjerawat, flek hitam, ruam popok, gatal, komedo, dan bahkan penyakit kulit seperti kudis dan kurap.

Nah, sudah banyak hal dibahas di sini, mulai dari pengertian antiseptik sampe rekomendasi sabun antiseptik yang bagus. Endingnya, cuma satu pesan saja. Sabun antiseptik di kondisi pandemi seperti ini memang sangat penting. Tapi, awas, jangan sampai salah pilih sabun antiseptik, lho, ya.

About Endang Sriwahyuni

a long life learner, an educator, a writer, and a dreamer.

Posted on November 14, 2020, in Lomba blog, My World and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Waaa semangat menulis mbaa

    Suka

Tinggalkan komentar